Halloween party ideas 2015

Sesuai artinya upgrade komputer adalah meningkatkan atau menaikan kemampuan spesifikasi komputer Anda, baik dari segi software maupun dari segi hardware, sehingga dari hal inilah komputer Anda akan lebih cepat daripada setting default yang di lakukan oleh system sebelumnya. Nah kali ini saya akan menjelaskan upgrade komputer dari segi hardware, upgrade komputer dari segi hardware ialah mengganti suatu kompenen hardware di dalam motherboard dengan suatu hardware yang mempunyai kapasitas yang lebih besar daripada hardware kita yang sebelumnya. Hal ini dilakukan  untuk meningkatkan performa komputer Anda, sehingga dari hal inilah komputer kita menjadi lebih cepat dalam pengaksesan data, dan mampu memainkan suatu program yang membutuhkan hardware dengan spesifikasi tinggi. Saat ini meng-gupgrade komputer sangat digemari dan digandrungi oleh pencinta game, mereka sering mengonta-ganti komponen didalam komputer sehingga mendapatkan spesifikasi yang di inginkan, mereka melakukan hal ini semata-mata agar dapat memainkan program komputer yang memiliki spesifikasi tinggi seperti game high end, Video editor, Photo editor, grafik 3D 0r 2D editor, dan lain-lain. Jika spesifikasi komputer lebih rendah dari pada spesifikasi program/software maka yang akan terjadi ialah error, kegagalan sistem, Not Responding, dan dipastikan program itu tidak akan berjalan dengan baik, tapi jika spesifikasi komputer lebih tinggi dari pada spesifikasi program maka jelas kita dapat menjalankan program itu dengan baik. Jadi itulah gunanya mengupgrade komputer yakni agar  dapat mengimbangi kemajuan software yang tiap detik, menit, jam mengalami kemajuan karna dijaman sekarang banyak program-program atau software yang sudah berspesifikasi tinggi. Nah artikel kali ini akan menjelaskan komponen-komponen hardware mana saja kah yang harus di upgrade agar dapat meningkat performa, karna tak semua orang mengerti tentang komponen-komponen didalam komputer oleh sebab itu saya akan menjelaskannya secera detail, karna salah sedikit dalam mengupgrade komputer bisa fatal akibatnya dan Anda bisa-bisa rugi nantinya, yang awalnya berniat meningkat performa komputer menjadi sebuah kegagalan performa, tapi saya sarankan jangan takut untuk mengupgarade komputer selama masih ada yang membimbing hal itu takkan terjadi. Nah komponen mana saja kah yang perlu Anda upgrade, yuk disimak artikelnya.


1. RAM
RAM
RAM merupakan salah satu komponen yang bisa Anda upgrade, memasang dan menambahkan RAM di motherboard sangat mudah. Dalam mengupgrade RAM tidak boleh sembarangan asal membeli dan memilih RAM karna masih banyak hal yang perlu diperhatikan, hal yang perlu kita perhatikan bukanlah melihat kapasitas RAM itu, karna kebanyakan tutorial di google selalu mengupgrade RAM dengan melihat kapasitas jelas ini kesalahan yang sangat fatal. Misal Anda mengupgrade dan membeli  RAM dengan kapasitas sebesar 16 GB sedangkan Motherboard Anda tidak mendukung kapasitas sebesar itu jelas ini adalah kerugian yang besar untuk Anda. Jangan termakan dengan motivasi RAM seperti ini "Semakin besar kapasitas RAM yang Anda tambahkan semakin cepat pula kinerja yang didapat" (Note: hal ini berlaku jika Motherboard dan Processor Anda mendukung kapasitas RAM sebesar itu, dan hal itu tidak berlaku untuk Motherboard yang tak mendukung kapasitas sebesar itu). Jadi dalam mengupgrade RAM bukan hanya melihat dari kapasitasnya saja, masih banyak yang perlu diperhatikan, Percuma kan kapasitas besar tapi motherboard tak mendukung.

Dalam membeli dan juga mengupgrade RAM yang perlu Anda perhatikan Adalah seri, kecepatan frekuensi, dan interface. Sedangkan kapasitas itu paling belakang. Jika RAM yang Anda ingin tambahkan memiliki seri, kecepatan frekuensi, dan interface, yang cocok dengan spesifikasi Motherboard maka terakhir Anda tinggal menentukan kapasitasnya dan pastikan juga slot RAM di Motherboard mendukung kapasitas yang Anda inginkan jangan sampai melebihinya. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari mengupgrade RAM ialah seperti ini contohnya. Misal di Motherboard Anda terdapat RAM dengan spesifikasi RAM DDR3 PC12800 1600Mhz 8GB, maka yang perlu Anda lakukan ialah mengupgrade atau menambahkan RAM sesuai dengan RAM disebelahnya seperti spesifikasi diatas, baik dari seri, kecepatan frekuensi, kapasitas, dan interface kalau bisa cari mereknya yang sama dengan RAM disebelahnya, hal ini bertujuan Agar hasil kinerja komputer lebih maksimal dan seimbang. Pastikan sebelum mengupgrade atau menambahkan RAM, Motherboard sudah mendukung dual chanel, triphel chanel, dan quad chanel. Nah untuk lebih jelasnya bagaimana cara mendapatkan RAM terbaik, berkualitas dan cocok dengan Motherboard Anda, bisa dengan mengklik link ini.
2.VGA (Graphic Card)
Graphic Card
Untuk menjalankan program yang memiliki spesifikasi tinggi dengan kualitas gambar yang berkualitas tinggi tidak bisa jika hanya mengandalkan VGA onboard saja kecuali processor Anda AMD APU Series, maka dari itu diperlukanlah upgrade VGA, kita bisa mengupgrade VGA onboard ke VGA Card. Jika sebelumnya komputer Anda sudah memiliki VGA card Namun spesifikasinya masih rendah maka saat itulah Anda bisa mengantinya dan mengupgradenya dengan VGA Card lainnya. Mengupgrade VGA Card sangat mudah Anda tinggal memasangnya di slot PCI espress yang tersedia. Jika Anda seorang gamers mengupgrade Graphic Card itu merupakan hal yang wajib dan sangat penting. Graphics Card ini sangat berpengaruh terhadap kualitas gambar yang dihasilkan, jika kamu sering bermain game tentunya sangat membutuhkan kualitas gambar yang sangat bagus, jernih dan tentunya tidak patah-patah maka dari itulah pentingnya mengupgrade Graphic Card. Merk Graphics Card yang bagus adalah N-Vidia atau Ati Radeon merk ini sudah terkenal akan kualitasnya. Apabila kamu bukan seorang gamers, mungkin tidak perlu untuk mengupgrade hardware yang satu ini. Sebelum mengupgrade dan membeli Graphic Card cek terlebih dahulu  slot PCI express di Motherboard Anda. Ada 3 jenis PCIe yaitu 1.0, 2.0 dan 3.0, dengan pilihan kecepatan 1x, 2x, 4x, 8x,16x, dan 32x Nah jika kalian sudah tau slot PCIe Motherboard Anda maka yang perlu Anda lakukan ialah mencari VGA Card sesuai slot diatas, dan teknologi terbaru dari slot Motherboard diatas ialah PCIe 3.0 32x.
3. Proccesor

Proccesor

Salah satu komponen komputer yang bisa Anda upgrade adalah Processor, dalam mengupgrade Processor juga tidak sembarangan ada banyak hal yang perlu diperhatikan yakni kompatibel Processor dan Motherboard.  Terdapat dua perusahaan besar processor yaitu Intel dan AMD, kedua perusahaan ini sama-sama mengembangkan processor, dan motherboard yang digunakan juga berbeda. Jika Motherboard Anda menggunakan socket processor intel maka Anda hanya bisa mengupgrade processor intel saja dan tak bisa Anda mengupgrade ke processor lainnya seperti AMD. Begitupun dengan Motherboard yang bersoket processor AMD, Anda tidak bisa mengupgradenya dengan processor intel tapi Anda harus mengupgradenya dengan processor AMD. Sebelum mengupgrade processor pastikan Motherboard tersebut sudah mendukung processor diatasnya, karna Ada beberapa Motherboard lama tapi masih bisa support dengan Processor terbaru, maka dari itu untuk mengeceknya terlebih dahulu apakah motherboard Anda sudah mendukung teknologi terbaru dari processor yang Anda inginkan atau tidak. Jika Motherboard mendukung teknologi processor yang Anda inginkan maka proses pengupgradetan akan berhasil tapi jika tidak support maka Anda perlu mengupgrade Motherboardnya juga.
Baca juga: "Tips memilih Processor (CPU) terbaik dan berkualitas"

4. Harddrive
Harddrive

Harddrive atau Harddisk adalah perangkat penyimpanan yang bisa Anda upgrade komponennya, baik itu menambahkan Harddisk atau menganti Harddisk sebelumnya. Ada banyak alasan kenapa para pengguna komputer mengupgrade Harddisknya yakni kapasitas Harddisk sudah penuh, menginginkan performa komputer bertambah dikarenakan Kinerja Harddisk mulai menurun, dan lain-lain. Dalam mengupgrade Harddisk tidak boleh sembarangan asal mengupgrade saja, jika Anda sembarangan mengupgrade harddisk bukannya menambah performa malah yang ada menurunkan performa jelas ini adalah kesalahan yang fatal dan Anda bisa rugi. Dalam membeli harddisk pastikan dulu kabel data yang digunakan apakah Motherboard menggunakan kabel ATA atau SATA, jika menggunakan ATA maka Anda harus mencari Harddisk yang menggunakan ATA, tapi jika di Motherboard terdapat ATA dan SATA maka lebih baik Anda mencari Harddisk yang menggunakan kabel SATA. Dan jangan lupa perhatikan juga slot kabel SATA di Motherboard apakah menggunakan SATA I(1) II(2) III(3). Jika Motherboard Anda hanya menggunakan SATA 2 dengan kecepatan bandwitdhnya 3Gb/s maka Anda harus mencari Harddisk yang menggunakan SATA 2 dengan kecepatan bandwitdh yang sama hal dilakukan agar hasil yang didapat lebih maksimal. Karna kebanyakan orang membeli Harddisk paling bagus, padahal motherboardnya tidak support dengan kecepatan Harddisk tersebut. Misal Anda membeli Harddisk (HDD WD10EZEX III 6Gb/s) sedangkan motherboardnya sendiri menggunakan SATA II 3 Gb/s, tentu saja hasilnya kurang maksimal. Bila harddisk SATAIII dihubungkan dengan Motherboard SATAII maka kecepatan harddisk tersebut akan menjadi kecepatan SATAII, bila harddisk SATAII dihubungkan dengan mobo SATAIII maka kecepatan harddisk tersebut menjadi kecepatan SATAII. Hal yang perlu kita perhatikan juga, Biasanya sebuah hard disk standar memiliki kecepatan 5400 RPM, dan kamu bisa mengupgradenya menjadi 7200 RPM. Dengan melakukan hal ini, maka akan memberikan dorongan kecepatan yang bagus. Jadi kecapatan putaran piringan didalam harddisk juga berpengaruh pada performa komputer.

Harddisk saat ini sudah mencapai masanya dan kemungkinan akan diganti dengan terkonologi penyimpanan terbaru yakni SSD dan SSHD. Oleh karena itu lebih baik mengupgrade harddisk ke teknologi terbaru ini. SSD merupakan kepanjangan dari Solid State Drive merupakan inovasi terkini dan terbaru dari media penyimpanan data. SSD menggunakan jenis memory solid state untuk penyimpanan datanya. SSD dapat dikatakan juga sebuah media penyimpanan data yang menggunakan nonvolatile memory sebagai media dan tidak menggunakan cakram magnetis seperti cakram keras konvensional. Berbeda dengan volatile memory (pada RAM), data yang telah tersimpan di SSD tidak akan hilang meskipun daya listrik tidak ada. SSD mempunya fungsi yang sama seperti harddisk(HDD), yaitu sebagai media penyimpanan data. Hanya saja, apabila Laptop atau PC kita menggunakan penyimpanan data SSD, maka performa laptop tersebut akan lebih cepat dibandingkan menggunakan harddisk. Sedangkan SSHD merupakan kepanjangan dari Solid State Hibrida, Harddisk jenis ini mengabungkan kedua teknologi yakni SSD dan HDD (HardDisk) menjadi satu kesatuan maka didalam Harddisk tersebut terdapat cakram dari HDD dan juga terdapat memory flash NAND dari SSD. Sungguh teknologi yang menarik bukan untuk mengupgrade perangkat penyimpan Anda

5. Motherboard
Motherboard
Jika Anda sudah mengupgrade Motherboard ada kemungkinan seluruh komponen lainnya seperti RAM, VGA Card, dan Processor bisa ikut terupgrade juga, dan hal ini paling sering terjadi. Tapi lain cerita jika komponen RAM, VGA Card, Harddisk, dan Processor, masih sanggup mengimbangi Motherboard yang di upgrade tadi, tentu untuk mengupgrade komponen-komponen Motherboard tadi tidak perlu dilakukan lagi.
 Jika Anda tidak ingin mengupgrade komponen-komponen didalam Motherboard dan Anda hanya ingin mengupgrade Motherboard saja, pastikan Socket Motherboardnya sama dengan Processor sebelumnya, misal processor Anda intel maka upgradelah motherboard dengan socket intel, begitupun juga dengan AMD. Pastikan juga Motherboard yang diupgrade tadi masih mendukung komponen-komponen Motherboard yang lama tadi, agar Anda tidak perlu mengupgrade komponen itu lagi.

Kesimpulan!!!
  1. Kapasitas, kecepatan, teknologi terbaru belum tentu didukung oleh Motherboard Anda, oleh karna itu Sebelum mengupgrade pastikan semuanya didukung oleh Motherboard Anda, dan pastikan juga cocok dengan minimal dan maxsimal spesifikasi Motherboard.
  2. Gunakanlah Merk yang berkualitas agar komponen yang diupgrade memiliki kualitas.
  3. Pastikan proses pengupgradetan sesuai dengan isi kantong Anda, jangan terlalu memaksa karna itu hanya akan memperburuk.
  4. Budget Murah dalam mengupgrade tapi jika Konfigurasi tepat maka hasil yang didapat akan memuaskan.
Itulah beberapa Komponen komputer yang bisa Anda upgrade supaya mendapatkan performa yang lebih baik, dan ingat jangan sembarangan mengupgrade pastikan semuanya cocok agar Anda tidak rugi nantinya, semoga Artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda. 
Sebagian besar orang “pintar” sangat pintar menganalisis. Setiap satu ide bisnis, dianalisis dengan sangat lengkap, mulai dari modal, untung rugi sampai break event point. Orang “bodoh” tidak pandai menganalisis, sehingga lebih cepat memulai usaha. (Bob Sadino)
 Sekian dari artikel saya jika ada yang ingin Anda tambahkan atau ingin bertanya silahkan komentar dibawah ini terima kasih.

Posting Komentar

Peraturan penting...!!!
1. Usahakanlah untuk Komentar sesuai isi postingan, jika ingin komentar lain maka klik Out Of Topic (OOT)
2. Komentarlah yang sopan santun dan bertata krama
3.Dilarang nyepam, promosi, berjualan, atau berbau porno
4. Komentar yang melanggar akan dihapus

nur hasan wirayuda

{picture#https://2.bp.blogspot.com/-pj_nUpgCfxE/V10SlnT1RsI/AAAAAAAABlU/GBdqBd2NXLU5e7_xVUe8GbXSKrYTmEJFwCLcB/s320/B612_20160416_172304.jpg} Saya adalah orang yang kharismatik, menulis adalah hobi Saya setelah lelahnya bekerja, menunda bukanlah hal yang saya sukai tapi entah kenapa sering kulakukan, saat ini berusaha mengapai impian. {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}
Diberdayakan oleh Blogger.